Makassar Kota Wisata

Makassar Kota Wisata, dikenal juga dengan julukan kota Angin Mammiri adalah Ibu Kota Provinsi Sulawesi Selatan Sebagai Kota Wisata , memiliki banyak obyek wisata yang sangat menarik , pulau-pulau eksotis, pantai yang indah, kesenian yang atraktif, hiburan, dan kuliner , makanan khas(Coto Makassar , SopKonro, Mi Titi).
Keungggulan Makassar-kota wisata karena merupakan pintu gerbang wisata lainnya di Sulawesi, seperti Wisata Budaya Tana Toraja, Wisata Taman Laut Bunaken, dan Wisata Taman Nasional Wakatobi dan Wisata situs sejarah Benteng Sultan Buton serta Wisata Taman Nasional Lore Lindu.
Makassar sebagai kota wisata,  dapat dijangkau melalui udara atau laut. hampir seluruh meskapai penerbangan langsung ke Makassar dan termasuk penerbangan internasional , tiga jam dari Kuala Lumpur

KOTA Makassar berjuluk Kota Anging Mammiri, dalam bahasa Makassar berarti angin sepoi-sepoi. Makassar merupakan kota pantai dengan angin lembut berhembus semilir dari laut setiap siang dan sore hari. Memiliki iklim tropis yang hangat dengan suhu antara 24 hingga 35 derajat celcius

Kota Makassar Menghadap ke kaki langit Selat Makassar , tepat di tengah Indonesia yang menempati wilayah seluas 175,7 kilometer persegi. dengan penduduk kurang lebih 1.600.000 jiwa

Kota Makassar dengan pemandangan matahari terbenam (sunset) yang terindah di Dunia (lihat foto foto matahari terbenam , diambil dari pantai Losari, Pantai Akarena pada wktu yang berbeda-beda), banyak sekali pengunjung menikmati pemandangan senja hari di Pantai Losari dan Pantai Akarena.

Wisata Pulau , Pantai berpasir putih halus dan pulau-pulau indah memungkinkan untuk  menyelam, berenang, memancing, melihat terumbu karang, berjemur dan berbagai aktifitas olah raga laut, atau sekadar beristirahat. dan dilengkapi dengan  penginapan dan restoran. (Pulau Kahyangan, Pulau Samalona, Pulau Kodingareng Keke, Pulau Lae-lae)

Situs sejarah Nusantara , Terangkai dari zaman raja-raja, perang kemerdekaan di Benteng Rotterdam – Somba Opu, Makam Pangeran Diponegoro maupun sejarah raja-raja di Sulawesi Selatan,

Tempat Hiburan indor terbesar di dunia dikenal sebagai Trans Studio Makassar yang berada di antara Pantai Losari dan Pantai Akarena.

Kota ini menyediakan berbagai fasilitas. sebagai kota yang setara dengan kota metropolitan Ada ratusan hotel mulai bintang lima hingga nonbintang, restoran, dan rumah makan dengan kekayaan kuliner yang khas. sarana hiburan , pub , karaoke, mal , maupun pasar tradisional. Di kawasan Mal Panakkukang terdapat pasar tradisional termoderen di Indonesia Timur, dan di bawah Lapangan Karebosi terdapat pusat perbelanjaan (MTC) yang megah.  

Sebagai kota terbesar di Sulawesi dan memiliki bandara udara internasional maka Makassar merupakan pintu gerbang menuju obyek wisata populer lainnya di Sulawesi, Maluku, Papua dan khusus di Sulawesi Selatan dapat dijangkau dengan jalan darat ke tempat ,obyek wisata lainnya yang menyimpan kekayaan alam dan budaya peradaban Manusia.

Tahun 2009, Kota Makassar berusia 401 tahun. Tanggal 9 November 1607 adalah hari lahir Kota Makassar, yaitu saat kota ini menjadi wilayah otonom Kerajaan Gowa. Tahun 1971 sampai Tahun 1999, kota ini berubah nama menjadi Ujung Pandang. tetapi  Makassar lebih dikenal di Nusantara bahkan dunia. Karena pertimbangan itulah sejak tahun 2000, pemerintah Indonesia mengembalikan nama Makassar menjadi nama resmi kota ini.

Makassar adalah  sebuah identitas kultural (kebudayaan). Suku Makassar adalah satu dari sekian banyak suku asli di Sulawesi, mendiami wilayah bekas Kerajaan Gowa di Sulawesi Selatan bagian selatan.
Selain itu, Suku Bugis yang wilayah kulturalnya menempati sebagian besar Sulawesi Selatan bagian utara. Bugis adalah suku dengan populasi terbesar di Sulawesi. Suku Toraja juga merupakan identitas kultural yang menempati wilayah luas di jajaran pegunungan Latimojong di utara. Sedangkan Suku Mandar adalah suku asli yang mendiami Sulawesi Barat.
Berbagai  identitas kultural itu kini tumbuh subur di Makassar. Bercampur dengan suku-suku dari daerah lain di Indonesia, seperti Minahasa, Jawa, Bali, Melayu, Ambon, menciptakan keragaman budaya , dan masyarakat tionghoa pun  tumbuh berkembang mendiami kota tua Pacinan di bagian barat -utara kota makassar

Infrastruktur

 

Makassar adalah kota pelabuhan utama di Indonesia timur.
Menghubungkan kota-kota besar di Indonesia maupun dunia.
Pada musim liburan atau musim-musim tertentu, banyak pengunjung dari  mancanegara datang dengan kapal pesiar.
Pelabuhan Soekarno-Hatta di kunjungi hampir seluruh KM PT Pelni.
.
.

Pelabuhan Tradisional Paotere. merupakan saksi sejarah kejayaan Nusantara. Waktu itu, Makassar adalah salah satu kota terpenting dalam jaringan perdagangan rempah dunia. Paotera adalah tempat kapal phinisi (kapal tradisional Makassar) berlabu maupun mengankat sauh.
Selain sebagai bukti sejarah kejayaan Nusantara, sampai sekarang para pelautnya tetap mempunyai keberanian mengarungi 7 samudra dalam kondisi apapun juga , seakan akan samudra adalah bahagian hidup mereka.

Makassar dengan fasilitas bandara Internasional “Sultan Hasanuddin” dengan ratusan penerbangan setiap hari dari berbagai meskapai penerbangan. baik meskapai penerbangan dalam negri maupun dari luar/internasional.

.
.

Jalan tol membentang di pinggiran  kota. Menghubungkan bandara, pelabuhan, dan pusat kota,  Perjalanan di Makassar juga terhitung nyaman dengan jalan-jalan yang mulus dan cukup lebar dan terpelihara.

Angkutan dalam kota yang menghubungkan setiap sudut dan pinggiran kota dengan taryek yang ditetapkan, taksi, atau becak (angkutan tradisional Makassar). dan penyewaan /rental mobil . .
Makassar termasuk 10 kota yang ternyaman di tempati di wilayah nusantara ini oleh karena : Berbagai ragam Budaya, Suku hidup berdampingan, Kota sejuta Ruko, dipenuhi berbagai macam restoran ala Asia , Eropa sampai dengan restoran khusus Ikan Bakar 24 jam, juga merupakan Kota Sejuta Makanan / Minuman /jajanan Khas daerah Sulsel , bahkan Makanan / Minuman /jajanan Khas daerah lainnya ada di Kota ini dan sangat mudah di dapatkan.    

(Referensi enjoy-makassar-id.blogspot.com)

kembali ke  Wisata Sulawesi Selatan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: