Kerajinan Sutra Wajo

Kerajinan Sutra Wajo, Agro wisata sutra menjadi salah satu andalan di kabupaten Wajo. Tahap penanaman murbei hingga proses pembuatan kain sutera sudah lama menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke Kabupaten Wajo.

Pohon / Buah MurbeiPohon Murbei

Lokasi pembibitan dan penanaman murbei terletak pada beberapa desa di Kecamatan Sabbangparu, sekitar 10 km sebelah Selatan Kota Sengkang, jalan poros menuju Kabupaten Soppeng.
Wisatawan dapat menyaksikan proses penanaman murbei, cara memelihara ulat sutera, proses pemintalan benang sutera, hingga cara menenun kain sutera.

 

Seorang Gadis bekerja dengan alat tenun secara manualMembuat Kain Sutera
Seorang gadis sementara merajut benang sutera untuk nantinya dijadikan sarung sutera, alat yang digunakan adalah seperangkat alat tenunan secara manual, alat tersebut dinamakan dengan “Tennun Bola-Bola” (Bahasa Bugis). Sutera Wajo memang dikenal memiliki kualitas dan keindahan anyaman yang memiliki ciri khas tersendiri, dengan keindahan dan kepadatan kualitas yang dimilikinya sehingga mampu membawa nama Wajo hingga kemanca negara. Sebuah sarung sutera yang telah jadi mampu ditenunnya selama satu hingga dua bulan lamanya.
(Mimbar Infokom Wajo)

.

tenun jg

Kain Sutra Wajo

kembali ke  Wisata Sulawesi Selatan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: