Tempat Wisata Kabupaten Pinrang

Tempat-tempat wisata di Kabupaten Pinrang

 

Di Kabupaten Pinrang terdapat beberapa Tempat wisata yang terkenal antara lain :

1. Permandian Air Panas Sulilie

 

Permandian ini terletak di Desa Solilie barat kecamatan Patampanua (Jaraknya ± km arah timur kota Pinrang), Waktu perjalanan ± 10 menit melewati jalan darat yang beraspal mulus. Fasilitas yang dimiliki tempat ini adalah pemondokan (tempat peristirahatan) serta kolam mandi. Tempat ini banyak dikunjungi masyarakat, selain untuk berekreasi juga untuk mengobati berbagai penyakit kulit dan reumatik.
Pemandian Air Panas Sulili Ada dua sumber air yang mendukung suplai air untuk pemandian air panas Sulili, salah satunya yaitu sumber air panas yang terletak tidak jauh dari kolam utama tempat berendam, keunikanya ialah sumber air panas ini seolah-olah muncul dari perut bumi dan bukan berasal dari gunung berapi seperti sumber-sumber air panas lainnya yang lazim ditemui. Terletak di lingkungan Sulili, kelurahan maminasae, kecamatan Palleteang, bagian selatan Kabupaten Pinrang

2. Pantai Ujung Tape

Salah satu obyk wisata bahari yang terletak di desa Langga kecamatan Mattiro Sompe ± 25 km arah barat kota Pinrang, Untuk mencapai tempat ini diperlukan waktu perjalanan ± 20 menit melalui jalan darat dan beraspal. Kawasan ini memiliki daya tarik tersendiri, pada sore hari kita dapat menikmati angin pantai yang sejuk. Pantai Ujung Tape ramai dikunjungi masyarakat utamanya pada hari libur dan hari raya.

3. Permandian Air Panas “Lemo Susu”

Permandian Air Panas “Lemo Susu” adalah salah satu obyek wisata yang terletak di kecamatan Lembang ± 45 Km arah utara kota Pinrang. Berada di atas lahan seluas 20 hektar dengan fasilitas yang tersedia antara lain kolam renang, bangunan-bangunan peristirahatan, pondok karaoke dan lain-lain.

Berada ditempat ini pengunjung dapat menikmati sejuknya udara pegunungan sembari memandangi keindahan alam yang diapit oleh dua buah pegunungan. Jalur darat menuju ke tempat ini beraspal mulus. Sementara harga tiket masuknya tergolong murah, dewasa hanya Rp.5.000, dan anak-anak Rp.3.000. Obyek wisata ini murni dikelola oleh pihak swasta. Pemiliknya bernama Bapak Rahmat.

4. Pulau Kamarrang

Salah satu obyek wisata bahari yang terletak di kecamatan Suppa (± 30 Km arah selatan kota Pinrang). Kawasan ini diapit oleh laut sehingga menarik untuk dikunjungi. Pulau Kamarrang adalah wilayah Kabupaten Pinrang yang berhadapan dengan kota Parepare, sehingga bila kita mau menyeberang ke pulau ini lebih dekat bila anda lewat Pelabuhan Parepare naik perahu tradisional dan hanya memerlukan waktu ± 15 menit.

5. Permandian Air Terjun Karawa

Di kecamatan Lembang terdapat beberapa tempat wisata, salah satunya adalah Air Terjun arah Utara Kota Pinrang, dalam menempuh perjalanan sampai ke tempat ini memerlukan waktu ± 1.7 Jam, jalan menuju ke tempat ini sebagian beraspal dan sebagian pula jalanan pengerasan. Air Terjun Karawa, salah satu obyek wisata alam yang banyak di kunjungi masyarakat, terutama pada hari raya atau hari libur, sebab Permandian Air Terjun ini mempunyai Pesona alam.

6. Rumah Makan Terapung

Rumah Makan Terapung yang terletak di MALIMPUNG kecamatan Patampanua ± 20 Km arah timur kota Pinrang. Tempat ini banyak dikunjungi masyarakat, terutama pada siang hari untuk bersantai sambil memancing ikan di danau.

7. Benteng Paremba

Dengan hamparan pohon buah-buahan berbagai jenis yang sedang tumbuh, mempunyai prospek yang cukup menjanjikan sebagai obyek wisata agro. Letaknya ± 40 Km arah utara kota Pinrang, yaitu tepatnya diperbatasan Kabupaten Polmas, luas kawasan ini mencapai ratusan hektar.

8. Bendungan Benteng

Bendungan Benteng adalah salah satu peninggalan Kolonial Belanda. Pada tahun 1939 bendungan ini dibangun, di mana pada awalnya hanya sebuah survey pada induk bendungan Benteng oleh IR. FRAMA tahun 1927. Bendungan ini mulai dikerjakan pada tahun 1936 dibawah Pimpinan IR.H.M VERWAY. Bendungan Benteng terletak di kecamatan Patampanua, ± 20 km arah utara kota Pinrang. Memerlukan perjalanan ± 20 menit melalui jalan darat.

9. Monumen Lasinrang

LASINRANG, adalah seorang pahlawan legendaris dalam masyarakat Sawitto, di masa penjajahan, Lasinrang dikenal seorang pemberani melawan penjajah. Figur lelaki ini mulai dikenal, ia melawan kekuasaan Belanda dengan taktik Perang Gerilya. Ini terjadi pada tahun 1903. Suatu ketika utusan Belanda mendaangi Addatuang (Raja) yang bermaksud mengadakan kerjasama. Tetapi hal ini ditolak mentah-mentah oleh Raja, sehingga membuat berang serdadu Belanda.

10. Lefa-Lefa Race

Lefa-lefa Race adalah kegiatan perlombaan perahu tradisional yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Pinrang setiap tahunnya dan diikuti oleh puluhan peserta, dan pesertanya adalah masyarakat Pinrang dan sekitarnya. Kegiatan ini berlangsung di pantai Ujung Labuang kecamatan Suppa Kabupaten Pirang kurang lebih 25 km arah selatan kota Pinrang, Para peserta saling memacu perahu mereka masing-masing, sehingga menarik untuk ditonton. Di pantai Ujung Labuang ini memang cocok untuk lomba, baik perahu tradisional maupun untuk olah raga berenang. Sebab air laut di tempat ini sangat jernih dan ombaknya tidak terlalu besar.

11. Permandian Balaloang Permai

Air Terjun Balaloang Permai terletak di Desa Pakeng kwc. Lembang ± 30 km arah utara kota Pinrang ± 3 km dari jalan poros polmas Sulawesi Barat Permandian Balaloang Permai memiliki keunikan tersendiri dimana di tempat ini kita bisa menikmati dinginya air yang mengalir dari pegunungan serta kita dapat menikmati indahnya panorama alam yang indah. Lama perjalanan dari kota Pinrang ke tempat hanya menempuh waktu ± 45 menit melalui jalan darat.

12. Air Terjun Kalijodoh

Air Terjun Kalijodoh adalah salah satu obyek wisaa yang trletak di Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang ± 25 km arah utara kota Pinrang, bila kita mengadakan perjalanan ke tempat ini hanya memerlukan waktu 40 menit lewat jalan darat. Air terjun Kalijodoh mempunyai cerita tersendiri. Dan menurut ceritanya, dinamakan Kalijodo karena pada zaman dahulu sepasang muda-mudi berhasil membina rumah tangga setelah datang ke tempat ini untuk bermustajab, memohon do’a kepada Sang Pencipta untuk dipertemukan jodohnya. Hingga saat ini masyarakat Pinrang masih mempercayai cerita tersebut.

sumber : galeriwisata.wordpress.com

13 Responses to “Tempat Wisata Kabupaten Pinrang”

  1. paris hilton nude Says:

    Paris Hilton nude

  2. Zakariah Says:

    kalau bisa pemerintah memperhatikan tempat-tempat wisata tersebut..terutama masalah jalannya ke Lemosusu dan kalijodoh…yang sekarang sangat rusak parah…gimana mau banyak pengunjung klo jalanannya rusak….

  3. Muhammad Yhuzuf Hamzah Al-Ghuchair Says:

    Kurangny informasi dinas pariwisata Pinrang mengenai lokasi2 wisata di Pinrang jg menjadi faktor tertinggalnya kabupaten ini sebagai daerah yg kaya akan tempat wisata. Maka, perlu pemerintah melakukan eksplorasi terhadap kekayaan kita ini baik melalui media elektronik maupun melalui media massa.

  4. rhudy Says:

    Makash atas info dan penjelsanX..saya tingl di sorong kebetln pergi ke rumh saudra..jdi jl” jadi kalau bisa
    Bos minta penjelsn
    Lefa-lefa race yg lebh koplit kah ?…
    Kalau posisi dri sulili dri permandian air panas..
    Posisi saya sekrg di air panas..itu harus menuju mana ?
    Soalnya tanya masyrt isi juga ng ngrti
    dan 2 tempat yg belum saya kuncungi
    Lemo susu dan lafa”race
    dan minta info penjlsn lemo susu juga ya ?..
    Maksh ats info yg telah di kassh..
    Sama 1 lagi kalau bisa minta info prjln ke yg ada kupu”nya..katanya di situ juga bagus.

  5. burhanan Says:

    pemda pinrang perlu memperluas pantai wisata yg kini berada di waetuoe di kec.langrisan dan setiap hari minggu ribuan pengunjung mandi pasir lalu berenang dipantai yg lepas .

  6. latiefbasira Says:

    Jadi kangen kampung halaman

    Kepada pihak terkait agar senantiasa peduli terhadap pengelolaan terhadap aset – aset kebanggan daerah kita, sehingga dapat dinikmati oleh semua lapisan masyarakat.
    Bangga menjadi putra daerah Pinrang

  7. zahra Says:

    Waaahh,makin penasaran ajja dengan kab.Pinrang.
    Pinrang Impianku,

  8. adhi Says:

    saya cuma mau melaporkan bahwa ada kafe di lemosusu yg menyedikan miras dan perempuan masih buka, padahal udah mau masuk bulan suci ramahan. mohon di tindak lanjuti. terima kasih.

  9. Ayu Says:

    Mohon update patung lasinrang. Sekarang sudah berubah :)

  10. iren't Says:

    sebenarnya banyak objek2 wisata di kabupaten pinrang yg sngat potensial untuk dikembangkan. untuk memenuhi kebutuhan akan tempat2 refreshing masyarakat pinrang khususnya dan masyarakat sulsel pd umumnya. Pemkab harusnya bisa lebih kreatif dan jeli untuk turun gunung ,jangan berpangku tangan alias tunggu bola datang, untuk menemukan / menciptakan / mengembangkan tempat2 yg layak/potensial di jadikan objek wisata sebagai salah satu aspek yg bisa menambah devisa pemerintah. Jadi bukannya menunggu / melihat tempat wisata yg sudah di rintis oleh swasta/perorangan…baru deh datang untuk meminta PAJAK atau apalah alasannya.
    …..Jadi Baiknya Pihak Pemerintah Mendatangi Tempat2 Wisata Yg Sudah Dirintis dan berjalan, untuk memberikan dukungan moril atau finansial, misalnya memberikan pelatihan2 tntang ke Pariwisataan,cara mengelola, managament dll.
    kalau sudah begitu…Barulah cerita soal PAJAK…!!!
    Wassalam.

  11. edy pattinjo Says:

    apakah photo bendungan benteng dan dan benteng paremba benar benar sesuai dengan fakta dilapangan…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: